Blog seputar dunia retro dan lain-lain

Monday, July 24, 2023

Mengkonversi Sinyal RCA Composite PAL/NTSC untuk TV dengan Format NTSC/PAL

Halo semuanya! Ketika berbicara tentang TV modern, biasanya mereka memiliki kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi sinyal PAL/NTSC. Namun, TV-tv lama seperti CRT mungkin tidak menerima sinyal dari wilayah yang berbeda. Misalnya, jika Anda memiliki TV dari Eropa, kemungkinan itu adalah format PAL, dan tidak akan menerima sinyal NTSC, begitu pula sebaliknya. Hasilnya bisa berupa layar berkedip-kedip atau tampilan hitam putih dengan layar bergerak.

Terdapat alat-alat yang tersedia untuk menangani masalah ini dengan menggunakan pemilih NTSC dan PAL. Sayangnya, alat-alat yang saya gunakan tidak berhasil atau sama sekali tidak berfungsi. Kemungkinan besar alat-alat yang saya miliki rusak, jadi saya memutuskan untuk mencoba metode lain.  

Solusi saya yaitu mengonversi sinyal PAL/NTSC menjadi HDMI, lalu mengeluarkannya menjadi sinyal AV dengan tombol switch PAL/NTSC. Berikut adalah bagaimana saya mengatur semuanya:


Saya menghubungkan masukan RCA ke konverter AV2 HDMI, lalu saya menghubungkan keluarannya ke konverter HDMI2AV. Kedua alat ini memerlukan kabel daya USB terpisah. Namun, meskipun ada kabel tambahan, hasilnya, menurut pendapat saya, terlihat bagus.

Saya menguji metode ini dengan menggunakan Nintendo 64 (EUR) pada TV Mini CRT menggunakan sinyal NTSC.


Itu saja yang harus dilakukan. Anda dapat mencoba metode saya jika solusi lain belum berhasil untuk Anda.

Semoga hari Anda menyenangkan!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Comments:

Post a Comment

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar